Thursday, January 7, 2010

Dream School of Mine - 'Lumiere College' Academy of Fashion


Lumiere College
Academy of Fashion


Latar Belakang
Industri mode di Indonesia belumlah semaju industri mode di negara-negara maju seperti Perancis, Italia dan Inggris maupun Jepang. Negara-negara tersebut sudah memiliki kemampuan untuk menciptakan trend mode terbaru di dunia mode. Industri mode di negara-negara tersebut sudah mampu membuat dunia menjadikan mode negara mereka menjadi ikon dan panutan dalam berbusana. Terlihat dari masyarakat Indonesia  yang budaya berpakaiannya meniru dari gaya berpakaian negara-negara Barat. Bisa dikatakan, kita belum bangga mempunyai batik sebagai ikon mode negara kita, karena bisa dilihat pada realita yang ada, bisa dihitung orang-orang yang menggunakan batik sebagai busana sehari-hari mereka.
Untuk memajukan industri mode kita, dan juga untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya kita, diperlukan orang-orang yang berbakat, kompeten dan profesional dalam bidang industri mode dan fashion. Tidak hanya sekedar perancang busana handal, tapi dibutuhkan orang yang berdedikasi tinggi dan memiliki kemauan untuk memajukan industri mode di Indonesia. Dari kurang-lebih 200 juta jiwa yang ada di Indonesia, pasti terdapat banyak sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi tersebut. Hanya masalah pengolahan dan tempat untuk mengasah kemampuan dan  kreatifitas mereka yang kurang ditangani dengan baik.
Berbicara mengenai wadah untuk mereka-mereka yang berbakat di bidang perancangan busana, tempat semacam itu masih langka ditemukan di Indonesia. Tempat yang dimaksud tidak hanya sekedar tempat untuk merancang busana dan menjahit baju, harus ada unsur pendidikan di dalamnya. Dibutuhkan sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan mulai dari teori, etika, profesionalitas, hingga ke teknik pemasaran dari industri mode itu agar dihasilkan sumber daya manusia yang bisa memajukan industri mode negara Indonesia. Kebanyakan perancang handal kita lebih memilih untuk ‘mengabdi’ di negara lain yang dianggap lebih prestigius dibandingkan di negara sendiri. Karena itu, diperlukan sebuah terobosan baru, yaitu mengadakan sebuah sekolah tinggi jurusan fashion design yang  mengajarkan siswanya untuk mengembangkan industri mode dalam negeri dan lulusannya akan diserap oleh industri dalam negeri juga.

Kompetensi yang akan diraih
Di dalam Lumiere College, siswa dijamin akan memiliki keahlian sebagai berikut :
1.  Menjadi fashion designer yang profesional, kreatif dan kompeten.
2.  Mampu menciptakan trend mode terbaru
3.  Menjadi fashion designer yang bisa mengembangkan sekaligus melestarikan busana budaya Indonesia, khususnya busana batik.
4.  Menjadi fashion designer yang yang mampu memajukan industri mode di Indonesia.

Program Pendidikan
Dalam Lumiere College, bidang studi yang diajarkan adalah :
·        Teknologi tekstil: Untuk mengajarkan pada siswa bagaimana membedakan berbagai tipe tekstil, bagaimana memilih jenis tekstil tertentu untuk desain tertentu dan bagaimana cara merawat jenis-jenis tekstil.
·        Sejarah Seni dan Mode: Mempelajari mengenai  sejarah seni dan mode dan pengaruhnya terhadap perkembangan dunia mode sekarang ini.
·        CAD (Computer Aided Design): Mempelajari bagaimana membuat presentasi rancangan busana melalui komputer, membuat pola rancangan dengan software komputer dan bagaimana memodifikasi pola melalui komputer.
·        Visual Merchandising & Promosi: Mempelajari bagaimana mem-visualisasikan produk-produk merchandise yang dirancang siswa dan mempromosikan label fashion mereka dengan cara yang kreatif dan inovatif.
·        Batik / tie dye: Mempelajari bagaimana membuat pola batik dari berbagai jenis dan memberi kesempatan pada siswa untuk membuat sentuhan modern pada karya tradisional.
·        Model Vivant: Mempelajari teknik-teknik mendalam bagaimana menggambar sketsa rancangan yang baik dan memberikan kesempatan pada siswa untuk mempelajari teknik menggambar melalui seni visual seperti lukisan atau patung.
Ada dua program pendidikan utama yang ditawarkan di Lumiere College, yaitu :
·         Program Diploma 3 tahun – Fashion Design and Pattern Drafting
Program ini menawarkan program pendidikan Fashion Design (Tata Busana) dan Pattern Drafting (Penyusunan Pola) selama 3 tahun dan akan mendapat gelar Diploma. Lebih lanjut, penjelasan mengenai program pendidikan ini dijelaskan di bawah ini;
            Tahun Pertama – Tahap persiapan
Para siswa diajarkan untuk menemukan dasar-dasar profesi dari dunia mode dan proses perancangan desain. Mereka akan lebih dikenalkan pada rancangan busana wanita dan busana pria.
Pada tahun pertama, murid Lumiere College akan diberikan kesempatan magang selama 3 minggu di industri mode yang ditunjuk. Dan ada program ‘Visit Factory’, yaitu murid Lumiere akan mengadakan field trip ke industri mode setempat untuk melihat langsung proses perancangan busana. Selain itu mereka mendapatkan proyek akhir tahun berupa membuat koleksi busana per kelompok yang akan ditampilkan pada Lumiere Fashion Expo pada acara akhir tahun.
Tahun Kedua – Tahap Kreasi Individu
            Dalam tahun kedua, murid Lumiere akan lebih fokus pada proyek individu yang memakan porsi pembelajaran lebih banyak. Di tahun ini, para siswa belajar bagaimana merancang pakaian dengan koleksi yang terstruktur, dan kemudian menyesuaikannya dengan realita di bidang mode. Mereka juga mempelajari berbagai sektor lain di bidang mode, yaitu busana rajutan dan pakaian olahraga.
            Murid pada tahun kedua juga memperdalam ilmu mengenai analisis trend dunia mode, belajar mengembangkan konsep rancangan busana, dan mempelajari tentang situasi nyata dunia mode dengan bekerja sama dengan profesional. Pada tahun kedua ini, murid-murid akan lebih fokus dalam mengembangkan koleksi busana pribadinya.
            Di tahun kedua ini, selain mendapatkan program seperti ‘Visit Factory’ dan proyek kelompok di Lumiere fashion Expo, murid Lumiere akan mendapatkan workshop mengenai bidang studi tertentu dari ahlinya langsung. Selain itu mereka diberikan kesempatan magang selama minimal 3 minggu, tergantung dari perusahaan tempat murid tersebut bekerja.
Tahun Ketiga – Tahap Spesialisasi
            Di tahun terakhir masa belajar siswa Lumiere College ini, siswa akan melakukan spesialisasi pada program busana wanita (women’s wear), busana pria (men’s wear) atau busana batik. Di tahun ini, siswa fokus pada proyek individual mereka, yaitu meluncurkan label fashion mereka sendiri untuk menjadi persyaratan kelulusan. Label fashion mereka akan ditunjukkan di depan penguji profesional yang disediakan Lumiere College untuk ditentukan siswa tersebut layak diberi ijazah atau tidak.
            Tahapan di tahun ketiga ini bertujuan untuk mengembangkan keahlian professional siswa dan metode kerja yang digunakan. Selain itu, untuk menemukan spesialisasi dari masing-masing siswa.

·         Program Intensive 1 Tahun Bersertifikat – Fashion Design and Pattern Drafting
Dalam program ini, siswa tidak mendapatkan gelar diploma, hanya mendapatkan sertifikat. Bidang studi yang ditawarkan sama dengan Program Diploma hanya saja lebih dipadatkan praktek dibandingkan teori. Teori hanya sebagai pengantar. Selain itu, di dalam program ini diadakan pagelaran busana tahunan, Lumiere Fashion Expo, sama seperti Program Diploma. Program ini tidak menyediakan kegiatan magang bagi siswa yang mengikuti program ini.

            Selain dua program utama diatas, Lumiere College juga mempunyai beberapa program pendukung, yaitu:
a.    Short Courses (75 jam, 3 jam/hari), program ini menawarkan bagi mereka yang mau memperdalam ilmu dan praktek di salah satu bidang yang ditawarkan di Lumiere College, diantaranya adalah;
·         Busana wanita
·         Busana pria
·         Busana batik
·         Penyusunan pola
Program ini terbuka bagi siswa Lumiere College yang ingin memperbaiki nilai mereka ataupun bagi masyarakat umum yang ingin mengikuti kursus kilat merancang busana. Untuk mengikuti short courses ini, calon siswa juga diwajibkan untuk mengikuti tes masuk yang ada.
b.    Workshop (1x per semester)
Program ini diperuntukkan bagi siswa Lumiere College yang ingin mendapatkan pelatihan khusus seputar pendidikan yang mereka jalani. Program ini bekerja sama dengan industri mode yang terkait. Di dalam workshop, siswa akan diberikan pelatihan dan pendalaman praktek dalam merancang busana dan menyusun pola. Program ini akan memberikan sertifikat kepada mereka yang mengikuti. Isi acara dari program ini tidak selalu sama setiap tahunnya, tergantung dari kebutuhan dan minat siswa Lumiere.
c.    Open house (1x setahun)
Program ini adalah program tahunan Lumiere College dalam rangka menjaring calon siswa baru. Dalam program ini, siswa-siswi Lumiere College yang akan mengatur jalannya Open House. Di program ini juga diadakan pameran dari hasil karya-hasil karya siswa-siswi Lumiere College, tidak hanya busana yang dirancang, tetapi juga pernak-pernik yang akan menarik perhatian masyarakat.
d.    Lumiere Fashion Expo (1x setahun)
Program ini  juga merupakan program tahunan yang menjadi ajang pagelaran busana siswa-siswi Lumiere College tahun pertama dan tahun kedua. Program ini merupakan proyek akhir tahun siswa-siswi Lumiere College, dimana mereka akan dibentuk kelompok-kelompok dalam membuat koleksi untuk pagelaran mereka.

Sasaran peserta didik
            Ada beberapa kriteria dari Lumiere College dalam menerima siswa, yaitu :
1.    Rentang usia adalah 17-21 tahun saat mendaftar
2.    Calon siswa merupakan lulusan SMA/se-derajat
3.    Calon siswa mempunyai dasar-dasar dalam merancang busana, menyusun pola dan menjahit pakaian
4.    Calon siswa tidak memiliki cacat fisik apapun
5.    Calon siswa tidak buta warna dan buta aksara
6.    Lulus ujian seleksi masuk
7.    Memenuhi kualifikasi administratif

Strategi Publikasi
            Ada tiga cara yang dilakukan untuk mempublikasikan Lumiere College kepada masyarakat, yaitu:
1.    Melalui iklan, iklan yang akan disebarkan melalui dua media, yaitu media cetak seperti pada iklan kolom di koran dan majalah, penyebaran brosur, flyer dan pamflet pada masyarakat luas, khususnya pada murid SMA di sekolah-sekolah dan bimbingan belajar. Serta melalui media elektronik melalui iklan komersial di televisi, iklan di radio, dan juga iklan di situs internet.
2.    Melalui acara open house. Di dalam acara ini, akan tersedia stand khusus informasi-infromasi seputar Lumiere College disamping akan ada juga stand-stand yang mempertunjukkan hasil karya siswa-siswi Lumiere College. Selain itu, pengunjung open house akan diundang untuk melakukan observasi di sekitar lingkungan Lumiere College. Dan juga akan ada pertunjukan-pertunjukan dari siswa-siswi Lumiere College yang tentunya akan menarik perhatian, seperti peragaan busana, peragaan menjahit kilat, pameran hasil karya siswa-siswi, dan lain sebagainya. Dan untuk menarik calon pendaftar yang banyak, maka khusus di acara ini pihak Lumiere College akan membagikan formulir pendaftaran secara gratis dan calon pendaftar bebas dari biaya pendaftaran.
3.    Melalui acara Lumiere Fashion Expo. Acara tahunan dari Lumiere Fashion Expo ini menjadi acara publikasi yang efektif karena diadakan di luar lingkungan Lumiere College. Target lokasi adalah di mal-mal besar atau di tempat-tempat rekreasi yang banyak dikunjungi orang. Selama acara berlangsung, pihak Lumiere akan membagikan brosur dan pamflet Lumiere College. 

            Kegiatan publikasi dari Lumiere College akan dilakukan secara intensif pada bulan-bulan menjelang kelulusan SMA/se-derajat. Selain itu, untuk memudahkan proses pendaftaran, calon pendaftar bisa mengisi formulir pendaftaran secara online maupun secara manual. Pendaftaran secara online bisa dilakukan melalui situs Lumiere College. Di situs tersebut tersedia lengkap informasi seputar Lumiere College dan calon pendaftar juga bisa bertanya-tanya langsung melalui layanan chat di situs tersebut dengan admin yang sedang online.

Proses Seleksi dan Kriteria Kelulusan
            Seleksi akan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama adalah seleksi administratif, dimana siswa akan mengisi, melengkapi dan mengembalikan formulir pendaftaran kepada pihak Lumiere Collage dan pihak Lumiere Collage yang akan menentukan apakah siswa tersebut lolos seleksi administratif atau tidak. Setelah itu, pendaftar yang lolos seleksi akan dipanggil oleh pihak Lumiere Collage untuk mengikuti seleksi tahap kedua yang berisi;
a.    Tes tertulis, tes yang terdiri dari 3 mata pelajaran (Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia)
b.    Tes Psikotes
c.    Tes Kemampuan, berisi tes menggambar rancangan baju, teknik menggambar pola dan teknik menjahit sederhana
d.    Wawancara individual
            Siswa yang lolos seleksi tahap kedua akan diberitahukan melalui surat pemberitahuan dan daftar nama siswa yang masuk akan diumumkan di situs Lumiere Collage. Setelah itu mereka akan melakukan daftar ulang dan proses adminstrasi dan kemudian mereka resmi menjadi murid Lumiere Collage.

Kriteria lulusan calon siswa :
1.    Memenuhi persyaratan administratif (kelengkapan formulir seperti transkrip raport semester akhir SMA, transkrip ijazah SMA, pas foto berwarna, surat keterangan sehat dari dokter, dan lain sebagainya)
2.    Memenuhi persyaratan kualifikasi seperti yang disebutkan pada poin Sasaran Peserta Didik.
3.    Lolos seleksi pada dua tahapan
4.    Melakukan daftar ulang dan proses administrasi pada periode waktu yang ditentukan segera setelah pengumuman siswa baru yang lolos seleksi diumumkan.


2 comments:

  1. Biayanya dongg... Sekalian staf dan pengajarnya juga. :p

    ReplyDelete
  2. weheheh. blm sampe situ mbak
    br gagasan nya aja..

    nanti semester depan ada tugas bkn anggaran nya . hehhee

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kalian disini..