Sunday, October 4, 2009

profil diri part I - INTRODUCTION


Oke.. karena saya mendapat tugas untuk menjabarkan diri saya se-DETAIL mungkin.. maka saya akan menjabarkannya ke dalam beberapa bagian. Di bagian pertama ini, saya akan menuliskan beberapa hal mengenai diri saya secara umum. Karena ini blog saya, saya bebas ya menulis apa saja.. jadi maaf-maaf nih kalau tiba-tiba tulisan saya agak melenceng dari topik dan melebar kemana-mana.. x)


Nama lengkap saya adalah DWINA ARINI FIKRIANTI. Ada beberapa fakta unik mengenai nama saya. Pertama kita mulai dari nama depan saya yaitu Dwina, 'dwi' artinya dua yang menandakan saya adalah anak kedua di keluarga saya. Sedangkan 'na', yah.. itu sebenarnya hanya penanda bahwa saya adalah anak perempuan (kata ibu saya lho ya).


Kedua, ARINI. Entah kenapa, setiap nama anak di keluarga saya ada unsur ARI. Oh kecuali pada adik saya yang terakhir, tidak ada unsur ARI di namanya. Pada kakak saya, karena dia anak pertama, unsur ARI ada di paling depan (namanya ARIE), saya ada di tengah (jelas, ARINI), dan di nama adik saya yang pertama ada di belakang (FIKRIARIE). Lucu ya? Menurut saya sih itu menarik, entah dengan anda.


Ketiga, keunikan yang terakhir yaitu semua anak di keluarga saya mempunyai unsur FIKRI di nama mereka. Kakak saya ada di nama belakangnya, FIKRIANTO. Adik saya di nama belakang juga, FIKRIARIE. Saya juga di nama belakang (jelas ya). Hanya adik saya yang terakhir yang tidak. Namanya FIKRI ISMATURRAHMAN. Filosofi mengapa nama FIKRI selalu ada pada nama setiap anak orang tua saya karena orang tua saya berharap kami, anak-anaknya, selalu menjadi orang-orang yang berfikir. (Amin Ya Rabb)


Itulah sekilas tentang nama saya.


Selanjutnya mengenai identitas diri saya yang lain. Saya lahir di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta pada tanggal 22 Oktober 1990. Menurut astrologi, saya berzodiak Libra. Karena waktu kecil saya sering membaca buku astrtologi dan saya cukup mendalami karakter zodiak saya, hal itu sedikit banyak mempengaruhi karakter diri saya juga. Libra yang mementingkan aspek estetika pada tiap detail kehidupan. Berjiwa seni tinggi. Yah, hal-hal seperti itulah. Belakangan, saya baru tahu hal itu agak dipermasalahkan menurut agama saya.


Saat ini saya tinggal di Depok. Tepatnya di Komplek Pesona Khayangan blok CK no. 38. Rumah saya cukup nyaman. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil. Dan rumah saya tertata rapi karena keahlian ibu saya dalam menata barang, ditambah oleh bantuan dari asisten rumah tangga di rumah saya yang selalu rajin membersihkan seisi rumah tiap hari. (makasih banyak ya mbak..)


Mengenai pendidikan saya, saya memulai jenjang pendidikan saya dari TK di TK Tugu Ibu, Depok. Lalu melanjutkan di SD yang sama, SD Tugu Ibu. Ketika SMP, saya memutuskan untuk menggunakan jilbab, maka dari itu orang tua saya mendaftarkan saya di SMPIT Nurul Fikri, Cimanggis. Setelah itu saya melanjutkan SMA di SMA Negeri 3 Depok. Setiap jenjang pendidikan yang saya lalui membentuk karakter dan pribadi saya hingga saya bisa seperti sekarang ini. Jujur, saya paling menyukai masa-masa SMP saya, karena di SMP-lah saya menemukan sahabat-sahabat saya hingga sekarang ini. Walaupun dunia SMA juga seru sekali dan saya juga mendapatkan banyak cerita dan kenangan disana.


Dari kecil saya sangat suka menyanyi. Sejak kelas 3 SD, orang tua saya sudah memasukkan saya ke dalam sanggar vokal, namanya Bina Vokalia. Saat saya kelas 5 SD, saya pindah ke EMS (Elfa Music School). Melalui EMS, saya banyak mendapatkan pengalaman menyanyi. Mulai dari sering tampil di berbagai acara hingga mengikuti lomba paduan suara di Korea Selatan pada tahun 2002.
Saya terus bergabung dalam dunia menyanyi, paduan suara khususnya, hingga SMA. Saya tergabung dalam paduan suara SMA saya yang bernama Mezzo Voices. Di dalam MV, saya juga banyak mendapatkan pengalaman lomba. Yang paling saya kenang adalah pengalaman lomba paduan suara yang diadakan Dirjen Pajak. Paduan suara SMA saya menang sebagai Juara 1 dan kami mendapat uang tunai kurang lebih 7 juta. Sebagai salah satu anggota yang mengikuti lomba, saya pun mendapatkan bagian. Saya bangga dapat mengikuti lomba itu karena saat itu saya masih kelas 1 SMA dan sangat jarang ada siswa baru yang bisa mengikuti lomba sebesar  itu.


Kalau dari segi kepribadian, saya termasuk orang yang ramah. Setidaknya itu dari segi pandang saya. Biasanya tiap orang yang memberikan pendapatnya tentang saya, pendapat mereka tidaklah jauh-jauh dari kata 'baik', 'ramah', 'seru', 'rame', 'suaranya bagus', bahasa inggris-nya jago', dsb. Tetapi menurut saya, saya orangnya mudah gugup. Saya sering merasa tidak PD kalau harus berada dalam situasi dan kondisi baru. Saya merasa asing. Saya tidak suka merasa asing. 


Untungnya, saya termasuk anak yang cukup penurut. Saya penurut dengan orang-orang yang saya segani. Walaupun saya sering membantah Mama waktu dulu, tapi sekarang saya coba untuk selalu menuruti perkataan Mama saya. Saya juga orang yang sangat ingin tau. Saya benci rahasia. Karena jika ada orang yang menyimpan rahasia di depan saya, saya merasa ditinggalkan. Saya benci perasaan itu. 


Yah, itulah sekilas mengenai diri saya. Panjang juga ya.. ini belum selesai. Masih ada beberapa part lagi yang ingin saya ceritakan. Tunggu post selanjutnya ya. :)



3 comments:

  1. jadi mau tahu cerita masa SMP... jangan nyimpen rahasia loh ya... tapi lebih asyik critanya gak eksplisit kayak gini. bsa bkin jdi cerpen dgn nama alias. jadi non fiksi dlam fiksi gtu? menarik kan...

    ReplyDelete
  2. hahhaa. menarik sih. pernah coba dibuat. tapi stuck di tengah-tengah. hehe. gag tau hrs nerusinnya gmn..yah tapi doakan semoga bisa dilanjutkan novel non fiksi tapi fiksi itu. hehhe

    ReplyDelete
  3. kalau menurut saya, wina sering-sering baca novel.

    ReplyDelete

tinggalkan jejak kalian disini..