Saturday, October 10, 2009

Resume perkuliahan 1 - Paradigma Baru Manajemen Pendidikan


Dalam kuliah pertama mata kuliah Manajemen Peserta Didik yang diajar oleh Bapak Amril Muhammad beberapa waktu lalu, kami membahas mengenai ‘Paradigma baru Manajemen Pendidikan’. Dalam pembahasan kali ini, kami diterangkan mengenai realita yang akan kita hadapi sebagai calon manajer pendidikan. Selain itu, dengan pengetahuan baru akan paradigma yang baru ini, kami diharapkan bisa menjadi manajer pendidikan yang bisa membenahi pendidikan Indonesia.


Di dalam paradigma baru ini, terdapat beberapa aspek yang perlu kita cermati. Pertama adalah trend yang terjadi di masa kini dan yang akan terjadi di masa depan. Orang-orang di masa sekarang mempunyai paradigm baru memandang hidup, tidak hanya memandang pendidikan, tetapi juga kehidupan secara menyeluruh. Sehingga kalau kita ingin berhasil di dalam hidup ini, kita pun harus sejalan dengan trend-trend tersebut.

Trend-trend yang disebutkan dalam materi ini diantaranya adalah :
1.     Kompetitif

2.     Transparan

3.     Spesialis

4.     Profesionalisme

5.     Dinamis

6.     Adaptif


Keseluruhan dari trend-trend tersebut merupakan harapan masyarakat kepada kita, khususnya, sebagai calon manajer pendidikan. Sehingga kalau kita mengikuti trend-trend tersebut, sesuai dengan perkatan Pak Amril, maka pekerjaanlah yang akan mencari kita, bukan kita yang mencari pekerjaan.

Selain itu,  ada yang namanya tuntutan. Sebagai mahasiswa pendidikan, kita dituntut untuk memiliki kompetensi-kompetensi yang memadai. Dalam materi ini, dijabarkan apa saja yang menjadi tuntutan kompetensi SDM, yaitu :

1.     Pengetahuan/Wawasan Global

·        Konseptual Yang Integratif dan Aplikatif

·        Orientasi Pada Solusi,Inovasi dan Kreatifitas

·        Nilai-Nilai Universal (Lintas Budaya)

2.     Keterampilan Global

·        Komunikasi Multi Budaya (setidaknya menguasai Bahasa Inggris, bahasa pergaulan internasional)

·        Pemanfaatan Teknologi informasi (mengerti bagaimana memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya demi kepentingan pengetahuan)

·        Pengembangan Intelectual+ Emotional+ Adversity Skill   (melatih diri agar seimbang di ketiga kecerdasan tersebut)

3.     Sikap / Perilaku

·        Dinamis dan Fleksibel
·        Inisiatif dan Proaktif

·        Inovatif dan Kreatif
·        Mandiri


Tuntutan-tuntutan tersebut ada untuk kita penuhi dan akan membuat kita menjadi SDM yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.


Kemudian, dosen menjelaskan makna-makna penting seputar belajar-pembelajaran, kehidupan dan pengembangan diri. Diantaranya dikatakan bahwa; ‘Sukses dilihat bukan hanya dari nilai raport atau ijazah, tetapi juga dari karya/prestasi yang kita buat.’ Maksud dari kalimat ini adalah bahwa kita jangan menyombongkan nilai raport kita yang selalu bagus atau banyaknya ijazah yang kita terima, kita baru bisa membanggakan diri kita saat kita sudah bisa menghasilkan sesuatu yang berguna bagi sekitar kita. Karena seperti pepatah mengatakan, ‘Sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain.


Mengikuti perkuliahan selama kira-kira dua jam 30 menit ini tidak terasa membosankan karena banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari penjelasan materi ini. Selain itu, gaya mengajar dosen pun tidak monoton. Kami, mahasiswa di dalam kelas, dituntut untuk aktif berpartisipasi selama mengikuti kuliah ini. 

Demikianlah kuliah pertama Manajemen Peserta Didik bersama Pak Amril yang membahas mengenai paradigma baru manajemen pendidikan. Semoga ilmu dan pengetahuan yang diberikan akan bermanfaat bagi kami.





No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejak kalian disini..