Sunday, October 18, 2009

Resume perkuliahan 2 - Konsep Dasar MPD



Pembelajaran selanjutnya dalam kuliah Manajemen Peserta Didik bersama Bapak Amril Muhammad beberapa waktu lalu dengan kelas saya, MP Reguler 2008, membahas mengenai Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik.

Sebelum mendalami konsep Manajemen Peserta Didik, dosen menjelaskan mengenai definisi manajemen dan peserta didik itu terlebih dahulu. Berdasarkan penjelasan beliau, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya secara efektif dan efisien, untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur (formal, informal, non formal); jenjang (dasar, menengah, tinggi) dan jenis pendidikan (umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, khusus) tertentu.

Manajemen peserta didik mempunyai beberapa fungsi. Fungsi utamanya adalah seperti fungsi manajemen pada umumnya, yaitu P-O-A-C atau Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pengarahan) dan Controlling (Pengawasan). Kemudian selain fungsi utama, dalam Manajemen Peserta Didik, ada fungsi operasionalnya, yaitu Rekrutmen, Seleksi, Penempatan, Orientasi, Pengembangan, Bimbingan Konseling, Fasilitas Layanan, Pemberhentian, Sistem Informasi Kesiswaan.


Fungsi perencanaan berguna untuk penetapan tujuan. Menurut penjelasan dosen, salah satu cara untuk menetapkan tujuan adalah dengan menggunakan analisis Kohort. Setelah penetapan tujuan, barulah kemudian bisa ditentukan strategi, metode, anggaran, sistem, kebijakan, program, prosedur dan standar yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan tersebut. Kemudian fungsi pengorganisasian berguna dalam pemberian wewenang dan pembentukan tim kerja dalam kegiatan pencapaian tujuan. Sedangkan dalam fungsi pengarahan, manajer berfungsi untuk memberikan motivasi, membangun komunikasi dan menentukan disiplin selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Setelah itu dalam fungsi pengawasan, proses evaluasi dijalankan. Seluruh proses pembelajaran dilihat apakah sudah mencapai tujuan dan memenuhi standar.


Sedangkan fungsi operasional dari MPD adalah tahapan-tahapan dalam mengatur seluruh kegiatan pembelajaran mulai dari rekrutmen peserta didik hingga pemberhentian peserta didik. Hal ini juga mengatur mengenai hal-hal selama peserta didik berada didalam sekolah sehingga kegiatan pembelajaran akan berlangsung secara terarah dan teratur.

Dalam proses rekrutmen, pihak sekolah dituntut untuk membuat calon peserta didik terpikat untuk masuk. Setelah diadakan rekrutmen, proses seleksi dilakukan. Dalam proses ini, calon siswa akan melalui serangkaian tes untuk menentukan apakah ia diterima atau tidak. Proses seleksi dilakukan untuk menyortir siswa, karena jumlah calon siswa lebih besar dibanding kapasitas bangku disekolah tersebut. Setelah calon siswa terpilih, maka pihak manajemen sekolah melakukan penempatan siswa sesuai dengan kebijakan sekolah tersebut. Kemudian diadakan orientasi bagi calon siswa. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada budaya sekolah, kebijakan, peraturan dan berbagai hal lain yang siswa baru perlu ketahui.

Dalam MPD, juga perlu diatur hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan siswa, fasilitas layanan untuk siswa, bimbingan dan konseling, serta sistem informasi kesiswaan. Dalam pengembangan siswa, perlu diadakan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan siswa. Fasilitas untuk siswa seperti kantin, tempat ibadah, toilet dan lain-lain juga perlu diperhatikan. Bimbingan dan konseling serta sistem informasi kesiswaan perlu untuk terus dijalankan demi kelancaran belajar siswa.


Kemudian hal terakhir dalam Manajemen Peserta Didik adalah pemberhentian peserta didik. Peserta didik diberhentikan dari sekolah melalui berbagai cara, salah satunya melalui kelulusan bagi siswa yang telah memenuhi masa belajar dan melewati ujian nasional maupun sekolah. Selain itu pemberhentian siswa juga bisa karena siswa itu pindah atau di drop-out.


No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejak kalian disini..