Sunday, March 28, 2010

Resume Perkuliahan - Manajemen Keuangan 4

Studi kelayakan atau Feasibility Study adalah sebuah penilaian yang komprehensif terhadap kelayakan suatu usaha. Dalam penilaiannya, aspek-aspek yang dikaji adalah aspek fungsi manajemen dan aspek lingkungan eksternal. Selain itu, penilaian study kelayakan melibatkan metodologi ilmiah yang berkaitan dengan prosedur, pengambilan keputusan, validitas data, dan landasan teoritis.  

Agar suatu usaha dikatakan layak, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun usaha. Pertama adalah dari segi fisik atau tampilan. Hal ini tidak berbicara mengenai lokasi saja tetapi juga dari setting gedung harus memiliki nilai dan filosofi tersendiri yang membentuk identitas perusahaan tersebut. Selain itu kita juga harus memerhatikan dari segi marketing atau pemasarannya. Mulai dari segmentasi pasar, targetting dan juga positioning. Konsep marketing adalah sales atau penjualan. Salah satu strategi marketing adalah social marketing atau pemasaran yang bertujuan untuk kepedulian sosial.

Kembali pada studi kelayakan, fungsi dari studi kelayakan adalah untuk planning (merencanakan), forecasting (peramalan), information (informasi), evaluation (evaluasi) dan research (penelitian). 

Pihak-pihak yang memanfaatkan studi kelayakan antara lain adalah investor yang akan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Melalui hasil studi kelayakan, maka investor dapat menilai apakah perusahaan tersebut profitable atau tidak. Lalu juga bagi kreditor. Studi kelayakan berguna sebagai bahan pertimbangan kreditor apakah perusahaan tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Lalu untuk Manajemen Perusahaan itu sendiri dalam mengevaluasi perusahaan tersebut. Dan juga untuk masyarakat dan pemerintah sebagai pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung akan dipengaruhi dan mempengaruhi kelangsungan perusahaan tersebut.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejak kalian disini..