Thursday, March 11, 2010

Resume Perkuliahan - Manajemen Keuangan 1

Dalam pertemuan pertama kali ini, Manajemen Keuangan membahas mengenai konsep dasar akuntansi dan beberapa dasar manajemen.

Tugas utama seorang manajer keuangan dibagi menjadi 3 hal, yaitu; Mencari dana, Mengalokasikan dana berbasis anggaran dan Membuat skala prioritas.

Dalam mencari dana, seorang manajer keuangan harus mengenali sumber-sumber dana yang ada. Sumber dana terbagi menjadi 3, yaitu; dari modal pemilik, pinjaman dan uang hasil investasi.

Jika seorang manajer keuangan mengambil dana yang berasal dari pinjaman, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seorang manajer keuangan harus melakukan analisis mengenai kekuatan pengembalian pinjaman dan analisis pasar keuangan, seperti berapa tingkat suku bunga pinjaman, sistem bunga pinjaman, tingkat inflasi dan lain-lain agar suatu perusahaan tidak terlilit hutang yang besar.

Sedangkan pengeluaran terbagi menjadi 2 pos, yaitu pos dana operasional, dimana pos keuangan ini adalah untuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya untuk melancarkan kegiatan operasional suatu perusahaan dan yang kedua adalah pos dana investasi, dimana dana ini dikeluarkan khusus untuk berinvestasi di tempat lain sepertu untuk membuat gedung atau diputar di tempat lain sebagai investasi perusahaan.

Dalam penyusunan anggaran, seorang manajer keuangan harus memerhatikan unit cost, BEP, harga jual, dan lain-lain. Harga jual dari suatu produk diusahakan tidak terlalu rendah karena akan mengurangi rasa percaya masyarakat dan juga jangan terlalu tinggi, harus disesuaikan dengan daya beli masyarakatnya.

Di dalam dunia bisnis, terdapat konsep 'Bussiness Entity' yaitu pemisahan pencatatan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis/perusahaan.

Konsep dasar akuntansi

Aktiva
Aktiva terbagi menjadi 3, yaitu Current Asset (contoh : uang, barang)
Fixed Asset (contoh : tanah, bangunan)
Intangible Fixed Asset (contoh : izin perusahaan)

Hutang
Terbagi menjadi 2, yaitu; Hutang Lancar (Current Liabillities) seperti hutang gaji
Hutang Jangka Panjang (Long-term Liabillities) yaitu hutang yang jangka waktu pembayarannya lebih dari 1 tahun.

Capital
Capital atau modal bertambah jika ada profit dan berkurang jika ada rugi.

No comments:

Post a Comment

tinggalkan jejak kalian disini..